AS-Iran: Trump mengatakan militer 'dikokang dan dimuat' untuk membalas

TV Iran menerbitkan gambar-gambar yang dikatakannya sebagai puing-puing pesawat tak berawak AS

Presiden Donald Trump mengatakan militer AS "dikokang dan dimuat untuk membalas" terhadap Iran, tetapi ia berubah pikiran 10 menit sebelum serangan yang direncanakan.

Serangan di tiga lokasi direncanakan sebagai tanggapan atas penembakan pesawat tak berawak AS minggu ini.

Trump mengatakan dia telah membatalkan pemogokan setelah diberitahu 150 orang akan mati.

Dia tweeted: "10 menit sebelum serangan saya menghentikannya, tidak sebanding dengan menembakkan sebuah pesawat tak berawak".

Pembalikan terlambat pertama kali dilaporkan oleh New York Times pada Kamis malam. Surat kabar itu mengatakan operasi itu "dalam tahap awal" ketika Trump menurunkan militer AS.

"Saya tidak terburu-buru," kata Trump pada hari Jumat. "Militer kita dibangun kembali, baru, dan siap untuk pergi, sejauh ini yang terbaik di dunia."

Trump mengatakan Iran telah menjatuhkan drone pada hari Senin, meskipun sebelumnya pernyataan militer AS bahwa insiden itu terjadi pada 23:35 GMT pada hari Rabu (04:05 waktu Iran pada hari Kamis).

Teheran mengatakan pesawat AS tak berawak memasuki wilayah udara Iran awal Kamis pagi. AS mempertahankannya ditembak jatuh di wilayah udara internasional.

Ketegangan telah meningkat antara kedua negara, dengan AS baru-baru ini menyalahkan Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak yang beroperasi di wilayah tersebut. Iran telah mengumumkan akan segera melampaui batas yang disepakati internasional mengenai program nuklirnya.

Tahun lalu, AS secara sepihak menarik keluar dari perjanjian nuklir 2015 yang bertujuan untuk mengekang kegiatan nuklir Iran.

"Iran TIDAK PERNAH memiliki senjata nuklir," kata Trump dalam tweetnya tentang serangan yang dibatalkan - juga mengungkapkan bahwa peningkatan sanksi ekonomi terhadap Iran "ditambahkan tadi malam".

Apa yang sudah direncanakan?

Militer AS mengidentifikasi drone yang jatuh pada hari Kamis sebagai Angkatan Laut AS RQ-4A Global Hawk (file foto)

Dalam laporan awalnya, The New York Times mengatakan bahwa paling lambat pukul 19:00 waktu setempat (23:00 GMT) pada hari Kamis, para pejabat militer dan diplomatik AS masih mengharapkan pemogokan terjadi pada target yang disepakati, termasuk radar dan rudal Iran. baterai.

"Pesawat-pesawat berada di udara dan kapal-kapal berada di posisi, tetapi tidak ada rudal yang ditembakkan ketika berita datang untuk mundur," lapor surat kabar itu, mengutip seorang pejabat senior pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Pemogokan itu akan dilakukan sesaat sebelum fajar pada hari Jumat untuk meminimalkan risiko bagi militer Iran atau warga sipil, surat kabar itu menambahkan.

Tweeting pada hari Jumat, Trump mengatakan tiga situs telah ditargetkan.

Associated Press mengutip seorang pejabat AS yang mengatakan serangan itu telah direkomendasikan oleh Pentagon dan merupakan salah satu opsi yang diberikan kepada pejabat senior pemerintahan.

Menurut New York Times, para pejabat tinggi Pentagon memperingatkan bahwa tanggapan militer dapat mengakibatkan peningkatan eskalasi dengan risiko bagi pasukan AS di wilayah tersebut.

Operasi dibatalkan setelah Presiden Trump menghabiskan sebagian besar Kamis membahas Iran dengan penasihat keamanan nasional dan pemimpin kongresnya, AP melaporkan.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton telah mendorong sikap keras, tetapi para pemimpin kongres mendesak agar berhati-hati, kata badan itu.

Secara terpisah, Reuters mengutip dua pejabat Iran yang mengatakan Teheran telah menerima pesan dari Trump melalui peringatan semalam Oman tentang serangan AS yang segera terjadi.

"Trump mengatakan dia menentang setiap perang dengan Iran dan ingin berbicara dengan Teheran tentang berbagai masalah," kata salah seorang pejabat.

Apa reaksinya?

Seorang pejabat Iran memperingatkan bahwa "serangan terhadap Iran akan memiliki konsekuensi regional dan internasional", sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan perang akan menjadi "malapetaka dengan konsekuensi yang tidak terduga".

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak semua pihak untuk melakukan pengekangan maksimal.

Iran merilis rekaman yang konon menunjukkan peluncuran rudal darat-ke-udara Iran untuk menembak jatuh drone AS


Di AS, Ketua DPR Demokrat Nancy Pelosi mengatakan AS tidak memiliki keinginan untuk berperang dengan Iran, sementara kandidat utama untuk nominasi presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyebut strategi Trump Iran sebagai "bencana yang ditimbulkan sendiri".
Share on Google Plus

About hariandeteksi.com

Situs Berita Online
www.HarianDeteksi.Com
Kritis, Bernas dan Informatif
Ph:0853-7272-9191
    Website Comment
    Facebook Comment