Huawei meluncurkan sistem operasi Harmony?

Huawei meluncurkan sistem operasi Harmony, tidak akan membuang Android untuk smartphone

DONGGUAN, China / HONG KONG (hariandeteksi.com) - Huawei Technologies pada hari Jumat meluncurkan sistem operasi berpemilik untuk smartphone dan perangkat lain, karena pembatasan perdagangan AS yang diberlakukan pada bulan Mei mengancam akan memotong akses perusahaan China ke teknologi AS seperti Android.
Huawei memperkenalkan sistem operasi HarmonyOS 


Huawei mengatakan bahwa untuk saat ini akan tetap menggunakan Google Android untuk telepon pintar, dan perangkat lunak baru akan secara bertahap diluncurkan untuk mendukung perangkat seperti jam tangan pintar, pengeras suara dan gadget realitas virtual.

OS baru ini merupakan bagian dari upaya Huawei untuk mengembangkan teknologinya sendiri dari chip ke perangkat lunak untuk mengurangi ketergantungannya pada perusahaan-perusahaan AS di tengah-tengah perang perdagangan AS-Cina yang semakin intensif.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa Amerika Serikat tidak akan melakukan bisnis dengan Huawei tetapi itu dapat berubah jika ada kesepakatan perdagangan.

Huawei sebelumnya telah memberikan sedikit informasi tentang perangkat lunak, memicu spekulasi tentang seberapa cepat atau efektifnya ia dapat menemukan alternatif untuk sistem Android.

"Harmony OS benar-benar berbeda dari Android dan iOS," kata Richard Yu, kepala kelompok bisnis konsumen Huawei mengacu pada sistem operasi yang dikembangkan oleh Alphabet Inc Google dan Apple Inc .

"Anda dapat mengembangkan aplikasi Anda sekali, lalu secara fleksibel menyebarkannya di berbagai perangkat yang berbeda," katanya dalam konferensi pengembang yang diadakan di Dongguan di China selatan, di mana Huawei telah membangun kampus baru yang mewah yang dibuat modelnya di kota-kota Eropa.

Pemerintahan Presiden Trump telah memperingatkan bahwa Huawei dapat menjadi kendaraan bagi spionase Tiongkok dan menempatkan perusahaan itu pada apa yang disebut "daftar entitas", yang berarti bahwa perusahaan AS yang melakukan bisnis dengan raksasa telekomunikasi sekarang memerlukan lisensi khusus untuk melakukannya.

Yu dari Huawei mengatakan perusahaan tidak memiliki pengetahuan terbaru tentang apakah mereka dapat terus menggunakan Android.

MENARIK PEMBANGUN

Huawei bukan perusahaan teknologi besar pertama yang ingin mengembangkan ekosistem yang kuat di sekitar perangkat lunaknya sendiri. Saingannya yang lebih besar, Samsung Electronics telah menggunakan sistem operasinya sendiri yang disebut Tizen di jam tangan pintar dan televisi.

Tetapi upaya oleh perusahaan Korea Selatan untuk menumbuhkan Tizen untuk menantang Android di telepon pintar telah digagalkan oleh kurangnya dukungan dari pengembang.

Namun, Marko Yang, seorang investor di studio pengembang yang menghadiri konferensi, mengatakan ia yakin ukuran pasar Cina akan membantu Huawei mengatasi masalah seperti itu. Huawei mengatakan ada lebih dari 800.000 pengembang di ekosistem produknya.

“Pasar Cina sangat besar, ada banyak pengguna dan mereka memiliki banyak permintaan, dan menyelesaikan tuntutan mereka akan menghasilkan banyak aplikasi, produk, dan ketika ini terjadi, dari pinggiran, akan menciptakan ekosistem inti, dan pasar Cina akan lanjutkan untuk memacu pasar luar negeri, ”kata Yang.
Richard Yu, kepala kelompok bisnis konsumen Huawei, memperkenalkan sistem operasi HarmonyOS baru perusahaan di Konferensi Pengembang Huawei di Dongguan, provinsi Guangdong, Cina 9 Agustus 2019.
Yu juga mengatakan untuk menarik pengembang, pihaknya bersedia memangkas asupan biaya dari pengembang aplikasi yang bekerja untuk Harmony hingga 10% -15%. Apple dan Google mengambil potongan 30% untuk pendapatan yang dihasilkan melalui toko aplikasi mereka.

Zhang Ping'an, presiden layanan cloud konsumen Huawei, mengatakan kepada pengarahan dengan media China bahwa Huawei berencana untuk berinvestasi $ 1 miliar untuk mendukung pengembang, dan 80% dari itu akan dihabiskan di luar negeri. Huawei mengkonfirmasi komentarnya kepada Reuters dan mengatakan jangka waktunya dalam 5 tahun.

"Layar pintar" baru, atau produk televisi yang terhubung, yang akan diluncurkan pada hari Sabtu akan menjadi produk pertama yang menggunakan Harmony, yang disebut Hongmeng dalam bahasa Cina, kata Huawei. Ini juga memiliki rencana peluncuran untuk OS di perangkat lain hingga 2022.

Yu mengatakan Harmony akan menjadi open source dan bertujuan untuk lebih aman dan lebih efisien daripada yang ada di pasar.

BUKAN RIVAL ANDROID

Lebih dari 4.000 pengembang Huawei telah mengerjakan Harmony, menurut Yu. Orang-orang yang akrab dengan perkembangannya di Huawei mengatakan Harmony tidak sedang dikembangkan untuk menyaingi Android, tetapi lebih seperti Google Fuchsia - OS open source yang sedang dikembangkan di perusahaan Amerika untuk gadget yang dapat mencakup segala sesuatu mulai dari smartphone hingga perangkat Internet-of-Things.

Yu menyebutkan Fuchsia Google beberapa kali selama pidatonya, yang disampaikan kepada ribuan peserta di stadion bola basket di kota. Tiket VIP untuk konferensi dihargai 4.298 yuan ($ 608,90).

Dia juga mengatakan akan sulit bagi Huawei untuk memenuhi tujuan sebelumnya menjadi pembuat smartphone terbesar di dunia dengan pengiriman tahun ini karena pembatasan AS yang diberlakukan pada bulan Mei, tetapi berharap untuk dapat mempertahankan posisi No.2.

Perusahaan akan dapat mengirimkan 300 juta smartphone tahun ini tanpa batasan seperti itu. Ini dikirim 118 juta unit di babak pertama.

src: reuters.com

Share on Google Plus

About hariandeteksi.com

Situs Berita Online
www.HarianDeteksi.Com
Kritis, Bernas dan Informatif
Ph:0853-7272-9191
    Website Comment
    Facebook Comment