Koalisi pimpinan Saudi bergerak melawan separatis di Yaman

ADEN (hariandeteksi.com) - Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi di Aden pada hari Minggu untuk mendukung pemerintah Yaman setelah separatis selatan secara efektif mengambil alih kota pelabuhan, mematahkan aliansi yang telah memerangi gerakan Houthi yang berpihak Iran.

Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash menyatakan pihaknya mendukung koalisi pimpinan Arab Saudi untuk memberangus kelompok separatis di Yaman Selatan.
Pertikaian itu, yang pecah pada 8 Agustus untuk mengendalikan kota pelabuhan yang berfungsi sebagai kursi sementara pemerintah Yaman yang didukung internasional yang diakui Saudi, telah menewaskan hingga 40 orang dan melukai 260, kata PBB.

"Sangat menyedihkan bahwa selama Idul Adha (hari libur Muslim) keluarga berduka atas kematian orang yang mereka cintai daripada merayakan bersama dalam damai," kata Lise Grande, Koordinator Kemanusiaan PBB di Yaman.

"Perhatian utama kami saat ini adalah untuk mengirim tim medis untuk menyelamatkan yang terluka," katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu. "Kami juga sangat khawatir dengan laporan bahwa warga sipil yang terperangkap di rumah mereka kehabisan makanan dan air."

Koalisi Muslim Sunni yang dipimpin Saudi mengatakan pihaknya menyerang daerah yang menimbulkan "ancaman langsung" kepada pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, tanpa memberikan perincian.

Seorang pejabat setempat mengatakan kepada Reuters koalisi telah menargetkan pasukan separatis di sekitar istana presiden yang hampir kosong di distrik Kawa
h. Hadi berbasis di ibukota Saudi, Riyadh.
Share on Google Plus

About hariandeteksi.com

Situs Berita Online
www.HarianDeteksi.Com
Kritis, Bernas dan Informatif
Ph:0853-7272-9191
    Website Comment
    Facebook Comment