Jack Ma tinggalkan Alibaba


SHANGHAI (Reuters) - Ketua Alibaba Group Jack Ma akan mengundurkan diri dari perusahaan China pada hari Selasa, meninggalkan penggantinya terpilih tugas yang menakutkan mengarahkan juggernaut $ 460 miliar pada saat pasar untuk bisnis inti e-commerce telah melambat tajam.


Ketika Ma, yang berusia 55 tahun pada Selasa, mengadakan pesta perpisahan di pesta perpisahannya di stadion Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou berkapasitas 80.000 orang dengan iringan musik dan pertunjukan selebriti, para peserta akan berharap untuk mendapatkan petunjuk tentang bagaimana Alibaba akan dijalankan di bawah pewarisnya Daniel Zhang.
Seorang akuntan yang berdagang, CEO Alibaba yang berbicara lembut, Zhang, menandakan kontras dengan Ma yang gaya flamboyan dan kepemimpinannya yang karismatik menjadikannya pengusaha Cina yang paling dikenal sejak mantan guru bahasa Inggris itu mendirikan perusahaan 20 tahun yang lalu di sebuah apartemen kecil bersama di kota Hangzhou di Cina timur.
"Dia memiliki logika dan keterampilan berpikir kritis dari komputer super, komitmen terhadap visinya, keberanian untuk dengan sepenuh hati berani mengambil model bisnis dan industri yang inovatif di masa depan," kata Ma tentang Zhang pada tahun 2018 dalam sebuah pesan yang mengumumkan pengangkatannya. .
Salah satu tantangan utama Zhang adalah menemukan area pertumbuhan baru saat sektor e-commerce China matang, kata para analis.
Pekan lalu, Alibaba mengumumkan investasi $ 2,7 miliar pada platform ritel barang-barang mewah Kaola dan perusahaan streaming musik dalam gerakan yang sebagian menunjukkan fleksibilitasnya dalam mengadopsi strategi baru.

"Jika Alibaba ingin menemukan inovasi atau tren baru, ini akan lebih sulit daripada sebelumnya," kata Liu Yiming, seorang analis di divisi penelitian 36kr, sebuah grup penerbitan teknologi China.
"Bagi Daniel Zhang, ini akan menjadi tantangan besar."
Penjualan ritel online China tumbuh hanya 17,8% pada paruh pertama tahun 2019, hampir setengah dari pertumbuhan 32,4% tahun sebelumnya, menurut kantor statistik nasional.
LEGASI MA
x
Rencana pengunduran diri yang diumumkan oleh Ma tahun lalu dianggap tidak biasa karena jarang ada pendiri perusahaan teknologi yang besar dan transformatif untuk pensiun dini ini.
Di bawah kepemimpinan Ma, Alibaba telah tumbuh menjadi perusahaan terdaftar paling bernilai di Asia, dengan kapitalisasi pasar saat ini sebesar $ 460 miliar. Ini mempekerjakan lebih dari 100.000 orang, dan telah berkembang menjadi layanan keuangan, komputasi awan dan kecerdasan buatan.


Share on Google Plus

About hariandeteksi.com

Situs Berita Online
www.HarianDeteksi.Com
Kritis, Bernas dan Informatif
Ph:0853-7272-9191
    Website Comment
    Facebook Comment